Sabtu, 19 Mei 2012

Sifat dan Kepribadian Seorang Pemimpin

Untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil, dibutuhkan "sifat-sifat yang baik", agar ia dapat bekerja sama dengan seluruh anggota tim dan juga dibutuhkan "kepribadian yang baik" dari dalam dirinya, sehingga ia bisa menjadi panutan seluruh anggotanya. Sifat-sifat dan kepribadian yang baik tersebut dapat dilihat pada bagian ini.

Sifat-sifat Pemimpin yang baik :
  1. Terbuka terhadap orang lain. Pemimpin yang baik tidak hanya menerima usulan-usulan dan saran-saran orang lain, tetapi juga mampu menjelaskan dan meyakinkan kepada anggotanya, langkah-langkah apa yang dianggapnya benar.
  2. Mendorong kemampuan orang lain. Ia dapat menanamkan rasa percaya diri yang besar kepada anggotanya. dengan mengatakan bahwa mereka semua memiliki kemampuan untuk melakukan tugas dengan baik.
  3. Memerhatikan dan menghargai orang lain. ia merupakan seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik. Selalu memerhatikan dan mendengar dengan baik diajak bicara, sehingga setiap anggota merasa dihargai.
  4. Ingin selalu belajar. Mempunyai pengetahuaan yang baikdalam bidang pekerjaan atau pelayanan yang ditugaskan kepada bawahannya, sehingga ia dapat memberi bimbingan dan pengarahan yang diperlukan anggotanya.
  5. Mengakui saling ketergantungan dengan orang lain. Ia selalu menganggap setiap pribadi yang bekerja bersamanya adalah orang-orang penting yang memegang tugas yang penting pula.
  6. Memiliki sifat positif. Ia selalu mengajar tentang hal-hal yang positif, sehubungan dengan tugas yang menjadi tanggung jawab setiap anggota, sehingga setiap orang merasa terus belajar dan meningkat.
  7. Mendorong memampukan orang lain. Ia sering memberikan kebebasan kepada anggota dalam melaksanakan ide-idenya dalam melaksanakan tugas.
  8. Menolong orang lain melakukan yang terbaik. Ia selalu menekankan standar kerja dan kemampuan yang tinggi kepada setiap anggota, dengan menolong mereka cara menjangkau atau melakukannya.

Sumber : Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kristen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar